SQL sendiri memiliki arti yang ia merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis dats internasional menurut wikipedia.

Baca juga : Tutorial Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC dan Laptop

Jadi dari sumber wikipedia bila dijabarkan maka bisa dikatakan artian dari SQL sangat luas dan tentunya bila anda adalah anda pemula yang baru saja terjun di dunia IT.

Baik itu anda sebagai mahasiswa IT maupun siwa TKJ tentunya memiliki banyak pertanyaan seputar SQL misalnya saja Apa itu sql, bagaimana cara Belajar sql hingga ke seperti apa sih Materi sql itu benar bukan?.

Jadi SQL adalah singkatan dari Structured Laguage sama seperti paragraf awal pembahasan bahwa Pengertian SQL adalah bahasa yang khusus yang di manfaatkan dan digunakan untuk membuat hingga ke proses mengolah di data base.

Untuk anda anak IT sendiri belajar aql sendiri merupakan suatu dasar dan sangat penting karena dunia yang akan masuki alias perkuliahan anda hingga ke lapangan pekerjaan sendiri akan terus saja berkaitan dengan sql.

SQL yang merupakan bahasa komputer yang memiliki standar ANSI atau American Nasional Standard Institute yang sering digunakan dalam dunia manajemen database secara relasional.

Baca Juga : Begini Cara Menyadap WhatsApp Pacar Kamu Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Dengan anda menggunaka sql anda dapat memanipulasi dan juga mengedit database sehingga sesuai dengan yang kita inginkan misalnya saja seperti memperbarui data dan menghapus data hingga ke menjalankan query untuk pengambilan data.

Sejarah SQL

Pada akhir tahun 1970-an adalah awal dari kelahiran perusahaan yang bernama Oracle yang menciptakan suatu server dengan basic data populer yang dinamakan ORCLE nama yang sama dengan nama perusahaan yang menciptakannya.

Dengan meningkatnya popularitas dari Jhonny orcle yang berdampak pada ketenaran SQL hingga saat ini dan menyebabkan sql dijadikan sebagai standar bahasa yang digunakan untuk menajemen yang berbasis data.

Di tahun 1989, standar dari sql mengalami beberapa perbaikan dan setelah itu dilakukan perbaikan lagi pada tahun 1992. dengan hasil akhir diberi nama SQL92.

Jenis – Jenis Perintah SQL

Dalam mengimplementasikan sql ada banyak perintah yang dimanfaatkan atau digunakan untuk megakses data dan juga berfungsi sebagai manajemen data yang ada di database dengan perintah yang dikelompokkan menjadi 3 sub sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Scan Dokumen ke Komputer Dengan Aplikasi Paint

  • Data Definition Language alias DDL
  • Data Manipulation Language alias DML
  • Data Control Language alias DCL

Untuk mengerti dan memahami 3 sub perintah diatas ada baiknya anda melakukan riset dan pemahaman dari beberapa refrensi tentang 3 sub perintah diatas.

Jangan lupa untuk bertanya dan coba untuk memahami 3 sub perintah di atas dan jika perlu anda dapat melakukan dan mencari lebih dari 3 refrensi bahkan lebih agar anda faham.

Fungsi SQL

SQL alias Structured Query Language memiliki beberapa  fungsi sebagai berikut.

Baca Juga : Cukup 5 Menit Cara Membuat Id Card Online Gratis

  • Memberikan anda kemungkinan untuk mengakses dan juga mengubah database
  • Membuat anda dapat menjalankan query terhadap database
  • Dapat mengambil data yang berasal dari database
  • Anda dapat menyisipkan data ke database
  • Anda juga dapat memperbarui database yang ada
  • Dapat juga menghapus data di database
  • Dan database akan tersimpan dan anda juga mampu membuat prosedur
  • Mampu mengatur hak dan juga akses di table, prosedur juga hal yang lainnya.

Dalam mengusai hal seputaran database maupun basis data anda akan dituntut harus menguasai SQL yang dimulai dari query dasar hingga ke tingkat kerumitan yang tinggi.

Jadi semoga ulasan diatas dapat sedikit hingga banyak membantu anda untuk lebih mengenal juga memahami dasari SQL sendiri. baik itu pengertian sampai sejarah juga fungsinya.

Baca Juga : Cara Membuat NPWP secara Online