Profil PNS BKN, Cara Cek NIP dan Pangkat di Website BKN

Keselarasan dan kebenaran untuk seorang pegawai negeri sangatlah penting terutama perihal profil dari BKN, NIP singkatan dari Nomor Induk Pegawai bisa dikatan menduduki peran yang sangat penting bagi seorang PNS alias Pegawai Negeri Sipil.

Karena kesesuaian data yang akan digunakan PNS haruslah sesuai dengan data NIP itu sendiri dan data-data tersebut berakar dari akta yang digunakan  dan pernyataan tersebut didukung dengan setiap pendaftaran haruslah dilampirkan fotocopy akta dan paling tidak ada fotocopy ijazah terakhir si pendaftar.

Karena kalau yang data yang terdapat dalam nomor induk teridentifikasi salah maka masalah itu dapat menjalar hingga ke SAH atau tidaknya nomor induk yang sudah menjadi identitas dari si pegawai yang bersangkutan.

BAGAIMANA CARA MENGECEK KE-ABSAHAN DATA PADA PRIFIL PNS BKN?

Walau ketika pendaftaran Aparatur Sipil Negara yang kata lainnya adalah APN, tidak sedikit adanya kekeliruan baik itu dari mulai akta sampai dengan Ijazah terakhir si pegawai.

Beberapa kekeliruan tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor baik itu dari faktor teknis ataupun faktor dari sumber daya manusia yang kurangnya ketelitian dan bisa jadi hingga ke pengabadian segala kekeliruan kecil yang dianggap tidak adakan menjadi masalah.

Jadi bagi anda yang sudah diterima sebagai PNS tidak ada salahnya untuk kembali mengecek profil PNS BKN anda, untuk meminimalisir kekeliruan yang akan menjadi masalah di masa yang akan datang. Karena kevalidan data itu sangat penting jadi tidak ada salahnya cek NIP PNS anda.

Jika suatu saat anda membutuhkan NIP yang benar maka anda tidak akan mengalami kesulitan. Dengan itu alangkah baiknya untuk dapat cek profil PNS anda.

Bisa dikatakn untuk mengecek kevalidan dan ke absahan dari data BKN Profil PNS itu sendiri tidaklah sulit tapi kebanyakan Aparatur Negara dengan singkatan APN itu kekurangan informasi dan sulitnya jangkauan khususnya untuk para Aparatur Negara yang di daerah terpencil dan sulit diakses dan itu membuat mereka kebingungan.

Untuk mengecek keseluruhan data profil yang ada di badan kepegawaian sebenarnya amat mudah dan dengan jangka waktu yang sebenarnya cepat dan tidak membuang banyak tenaga.

Tapi perlu di ingat untuk pengecekan membutuhkan koneksi internet yang stabil dan itulah alasan mengapa APN yang di desa terpencil kebingungan dalam mengakses pengecekan karena di desa / di daerah tertentu bleum terjamin oleh jaringan yang tergolong sabil itu tadi.

Dan kurang fahamnya akan teknologi misalnya anggota APN yang sudah lansia meyoritas sudah tidak memungkinkan untuk belajar teknologi yang ada hal itu membuat mereka kesulitan mengakses dan mengecek NIP BKN mereka sendiri.

Beberapa cara untuk mengecek profil PNS BKN :

  1. Langkah pertama anda wajib untuk memiliki jaringan internet yang stabil dan kemudian kamu bisa mengunjungi situsnya menggunakan PC atau personal computer kata lainnya ialah komputer, tapi bisa juga pakai  HP pribadi tapi wajib terhubung ke internet.
  2. Setelah terhubung ke internet anda diharus kan membuka browser kemudian masukkan alamat ini ke percarian ke akun situs resmi dari BKN tapi kalau tidak bisa maka kamu bisa menginstal aplikasi resmi BKNMy SAPK di Play Store.
  3. Nah kalau kalian udah masuk website BKN biasanya muncul tulisan [monRI badan kepegawaian] jika tidak [e-Monitoring Mandiri Badan Kepegawaian] sehingga anda bisa meng klik tombol pencarian sebelum itu masukan terlebih dahulu nomo NIP anda.

Kemudian akan keluar data karyawan / pegawai maka cek lebih sedetail mungkin data diri anda di setiap poin yang ada terlebih lagi pada bagian bertuliskan “DATA UTAMA” yang berisikan Nama, Tempat Tanggal Lahir , Pangkat , hingga Golongan.

Dan jangan lupa untuk mengecek juga NIP lama anda perihal kesesuaian data yang dignakan di NIP baru anda, terutama tentang Tahun dan Tanggal Lahir juga kapannya anda TMT CPNS.

Dan kapan anda diangkat menjadi pegawai hal tersebut sangatlah penting, mengapa? karena hal tersebut juga merupakan bagian dari Nomor Induk Pegawai atau NIP.

Situs yang anda kunjungi jangan hanya mengecek di data utama saja, karena ke absahan data tidak hanya itu saja, anda juga harus mengecek “Proses KP” sampai dengan “Proses Pensiun” karena itu aspek yang tergolong penting juga.

Banyaknya informasi yang di dapat oleh si Aparatur Negara pastinya sangatlah bermanfaat dan berguna dimana pun dan kapan pun itu.

Jadi ada baiknya semua pegawai tahu caranya mengecek data pegawai maupun profil PNS nya sendiri, melalui situs web yang resmi.

Apabila terdapat poin utamanya ada sebuah kesalah di “Data Utama’ hal tersebut sangatlah fatal karena bisa jadi itu akan menjadi boomerang buat anda sendiri yang bisa membuat anda tidak menerima KP atau pun dana Pensiun.

Kalau di dapatikan adanya kesalahan di “ DATA UTAMA “ pada profil Pegawain Negeri Sipil atau PNS BKN maka langsung aja anda melakukan perbaikan itulah fungsi dari pengecekan dan begitu ada yang terdapat kesalah sebaiknya langsung saja di perbaiki dan tidak membiarkan saja.

Jika menemukan kesalahan pada si “ DATA UTAMA “ sebaiknya langsung saja hubungi biro kepegawaian jika tidak BKD  di tempat anda bekerja. Serta yang paling penting kalau anda ingin memperbaiki kumpulkan niat.

Setelah niat terkumpul jangan lupa juga untuk mengumpulkan data yang Otentik yang pastinyan akan terhubung dengan kesalahan itu biar anda tidak kesulitan di suatu hari nanti .

Data-data otentik tadi sangat membantu untuk memperbaiki kesalahan yang anda temukan tadi dan kamu mendapat perbaikan dan juga petugas biro kepegawain atau BKD tempat anda bekerja terbantu dengan adannya data-data yang anda bawa.

Related Post to Profil PNS BKN, Cara Cek NIP dan Pangkat di Website BKN