Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Menetas

Lovebird merupakan salah satu burung yang terkenal dengan kesetiaannya serta memiliki keindahan bentuk warna pada bulu tubuhnya, sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya.

Lovebird juga memiliki daya menarik untuk di ternak disamping hanya untuk memeliharanya, sebab lovebird dapat menjanjikan sebuah keuntungan yang lebih bernilai.

Untuk peternakan umumnya peternak juga memiliki lovebird yang berjenis betina. Dengan memiliki sepasang lovebird bisa menghasilkan telur yang nantinya akan menghasilkan bayi-bayi lovebird.

Dengan bayi-bayi lovebird tersebut bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Akan tetapi, peternakan lovebird juga terkadang mengalami kesulitan ketika menyangkar burung.

Kesulitan tersebut biasanya terjadi pada lovebird betina yang terkadang tidak bertelur meskipun usianya sudah relatif untuk bisa bertelur.

Pada dasarnya lovebird betina sangatlah mudah untuk bertelur bahkan lovebird mampu untuk mengerami telur nya ketika masih hidup di alam liar sekalipun.

Dan Bahkan Lovebird juga dapat menghasilkan peranakan yang cukup banyak, semasa betina tersebut masih produktif.

Mengapa banyak kejadian yang dialami apabila lovebird berada di dalam kandang? baik dari segi lovebird betina dan jantan yang sulit untuk kawinkan, lovebird betina tidak kunjung bertelur, dan bahkan lovebird betina juga terkadang suka membuang telurnya.

Namun, Lovebird betina juga bisa bertelur meskipun tanpa pasangan atau pun harus kawin dengan lovebird jantan.

Hal tersebut terjadi jika lovebird betina sudah cukup usia dewasa untuk memproduksi telur secara normal.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara ternak lovebird tidaklah begitu sulit jika telah memahami dan mengetahui kehidupan lovebird itu sendiri, baik cara pemeliharaannya yang baik dan benar maupun cara ternak burung lovebird nya.

Apabila lovebird betina sudah memasuki usia kelamin yang kiranya cukup dewasa, maka dengan jangka waktu tertentu betina dapat memproduksi sel-sel telur atau ovum. Kemudian diproses secara alami dan baik di dalam saluran reproduksinya.

Begitu juga dengan proses pembungkus ovum tersebut dengan memakai bahan kerabang atau pun dengan memakai cangkang yang terdapat di dalam oviduct.

Dan dapat dikeluarkan dengan melalui kloaka yang merupai bentuk telur.

Sebelum lovebird betina dikawinkan dengan pasangannya lovebird jantan pembungkus melalui bahan kerabang, maka sel sperma dari lovebird jantan akan terjadi proses pembuahan sel telur atau ovum.

Hasilnya dapat dilihat melalui adanya noktah yang berwarna hijau terdapat di dalam permukaan kuning telur nya. Hal tersebut dapat dikatakan dengan sebutan discus germinalis atau dengan kata lainnya calon embryo selanjutnya.

Namun, Jika Lovebird betina tidak melakukan perkawinan dengan lovebird jantan, maka telur yang diproduksi tanpa mengandung akan menjadi calon embryo.

Calon embryo tersebut tidak memungkinkan untuk menetas walaupun sudah dierami oleh induknya atau pun ditetaskan melalui inkubator. Telur tersebut tidak akan menjadi calon embryo atau dapat dikatakan dengan sebutan sebagai telur infertil atau pun telur yang tidak subur.

Dari keterangan di atas, dapat dihindari dengan beberapa cara yang dapat dilakukan agar lovebird bisa bertelur dan menetaskan nya dengan sempurna.

Memasang lampu full spektrum dalam kandang penangkaran

Untuk melakukan ternak lovebird yang gampang-gampang susah untuk melakukannya, namun jika kita bisa memahami secara benar bagaimana cara ternak lovebird sangatlah mudah.

Lovebird betina bisa bertelur hanya dengan menggunakan sebuah lampu yang berjenis full spektrum. Hal tersebut bisa dilakukan karena penerangan dari lampu full spektrum memiliki sebuah spektrum yang hampir mendekati spektrum dari sinar matahari.

Lampu spektrum sendiri tidak hanya bermanfaat bagi manusia namun juga dapat bermanfaat untuk makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Lampu spektrum memiliki daya suhu warna yang cukup besar yaitu 5500K (Kelvin).

Lampu tersebut sangatlah membuat rasa nyaman secara visual bagi lovebird itu sendiri, baik memberikan sebuah ketenangan dan kesejukan pada lovebird ketika di dalam kandangnya.

Lampu spektrum ini juga dapat digunakan untuk kandang-kandang yang kurang mendapatkan cahaya dari sinar matahari.

Jika membutuhkan cahaya dari lampu full spektrum bisa digunakan pada waktu malam hari atau pada posisi yang gelap agar lovebird tersebut dapat istirahat minimal 10 jam.

Anda bisa mengatur pencahayaan dari lampu tersebut agar lovebird dapat berkembang biak dengan siklus yang normal.

Memasang kotak sarang secara tepat

Untuk peternakan lovebird juga membutuhkan kotak sarang yang berfungsi untuk lovebird mempercepat bertelur.

Namun, kotak sarang tersebut harus menyesuaikan dengan ukuran lovebird tidak terlalu besar maupun kecil. Katak sarang yang baik bagi lovebird adalah harus memiliki lubang pintu yang sesuai dengan ukuran tubuh lovebird tersebut.

Di dalam sarangnya terdapat serutan kayu bersih dengan ketebalan 2,5 sm, pada dasarnya lovebird akan mengatur ulang pembuatan sarangnya sehingga lovebird merasa nyaman ditepatinya.

Mengubah dan mengatur pola makan

Mengatur pola makan bagi lovebird itu sangatlah lazim untuk penangkaran atau pun agar mempercepat bertelur. Makanan tersebut juga mempengaruhi hormon birahi pada lovebird itu sendiri.

Jenis makanan yang biasa digunakan untuk memincu hormon dari lovebird adalah kangkung, tauge atau kecamba dan biji kuaci.

Memberikan suplemen untuk burung lovebird

Pemberian suplemen bagi lovebird bukanlah hal yang wajib dilakukan. Suplemen ini berfungsi untuk meningkatkan birahi lovebird betina maupun lovebird jantan.

Suplemenjuga tidak hanya untuk meningkatkan birahi saja tetapi bisa meningkatkan peluang telur akan cepat menetas dengan baik dan sepurna. Suplemen tersebut haruslah sesuai dengan rekomendasi dari dokter hewan.

Mengganti minum Lovebird

Selayaknya manusia kebersihan merupakan salah satu untuk menjaga kesehatan. Begitu juga dengan loveobird, sebaiknya tempat minum ataupun tempat makan setiap harinya di bersihkan dengan sikat.

Memberikan air atau mengganti air minum lovebird pada setiap hari agar menghindari dari penyakit yang tercemar. Gunakan air galon atau air sumur yang bersih.

Related Post to Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur dan Menetas