Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah atau Gedung

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara membuat RAB pastikan anda sudah tahu apa itu RAB, sehingga anda bisa membahas cara-cara dalam pembuatannya.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu RAB  maka mari cari tahu, jadi RAB adalah singkatan dari Rencana Anggaran Biaya merupakan sebuah perhitungan biaya yang diperlukan baik dalam segi upah maupun segi bahan dalam pekerjaan konstruksi, yang didalamnya mencakup pembuatan rumah, gedung, masjid, dan masih banyak lagi.

Dan RAB memiliki fungsi yang terdiri dari 4 fungsi umum yakni:

  1. Menentukan berapa banyak total biaya pekerjaan dan kemudian diuraikan jumlah keseluruhan biaya tersebut, baik pembiayaan perizinan, kantor maupun gedung sementara, juga fasilitas pendukung misalnya air dan juga listrik walaupun hanya bersifat sementara.
  2. Menentukan daftar dan jumlah material yang akan diperlukan. Dalam hal ini RAB harus memastikan jumlah dari masing-masing material yang perlukan disetiap komponen. Bisanya jumlah tersebut tergantung dengan berapa atau besarnya volume pekerjaan dan oleh sebab itu kesalahan hitungan akan mempengaruhi volume dan kebutuhan yang sebenarnya.
  3. Aspek dasar dalam menentukan kontraktor yang akan melaksanakan proyek tersebut, dan hal ini pula yang mendasarkan berapa banyak kontraktor yang dibutuhkan di suatu proyek apakah satu kontraktor saja sudah cukup atau memerlukan lebih dari satu kontraktor dalam pelaksanaannya.
  4. Menjadikan atau memberikan ketentuan perihal biaya atau estimasi peralatan yang akan dibutuhkan sehingga dapat mengefisienkan juga.

Baca Juga : Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Bermotor Online

Setelah beberapa fungsi di atas anda juga wajib mengetahui keuntungan yang dapat anda peroleh dengan adanya RAB yaitu:

  1. Dengan adanya RAB yang anda miliki, anda dapat mengatur schedule pekerjaan juga dapat memperhitungkan berapa banyak upah juga peralatan yang dibutuhkan.
  2. RAB juga membantu anda dalam melihat atau menilik detail-detail yang akan membantu anda memberi informasi dalam segala tipe kebutuhan baik material maupun bukan untuk masing-masing bagian atau bidang pekerjaannya karena ia akan menunjukan data yang aktual dan terpercaya.
  3. Mempermudah anda dalam mengatur jumlah material yang dibutuhkan menyesuaikan dengan yang akan anda pergunakan di lapangan.
  4. Hal tersebut memperlancar proyek yang anda garap atau kerjakan

Masih banyak keuntungan lainnya yang akan anda peroleh dari adanya RAB, sekilas diatas sudah dibahas apa itu RAB dan barulah anda dapat bertanya dan membahas cara membuat rab dan contoh RAB proyek.

Sebelum melakukan suatu hal ada baiknya anda mencari tahu dan juga memahami hal tersebut setelah dirasa cukup mengerti dan faham barulah anda dapat mencobanya, kalau dengan membaca anda belum juga mengerti silahkan anda tanyakan kepada kerabat atau pun sahabat yang sudah berpengalaman dan mengerti hal tersebut.

Sebelum ke langkah-langkah dalam membuat RAB rumah sebagai contoh ada hal yang tidak kalah penting dari beberapa hal diatas adalah komponen-komponen yang perlu dihitung dalam RAB perhatikan hal dibawah ini:

  1. Biaya pokok yang bersangkutan dengan material, upah kerja, dan juga peralatan.
  2. Biaya operasional yang didalamnya termasuk biaya perizinan, fasilitas, atau pun sarana lainnya seperti air, listrik, gudang dan lain-lainnya.

Berikut akan dibahas cara dalam membuat RAB bangunan atau pun gedung.

Baca Juga : 3 Cara Download Video Di Situs Website Streaming Apapun

Tahap dan Proses dalam Membuat RAB Rumah atau Gedung :

1. Baca gambar, pelajari dan janga lupa untuk memahaminya.

karena hal ini sangat penting dan hal dasar yang wajib anda ketahui, anda harus meneliti dengan cermat juga memahami setiap bestek atau gambar rencana yang sudah ada, termasuk gambar contoh.

2. Buka Aplikasi Ms.Excel, buka file Excel baru, misal RAB UNIT 01 RUMAH.xlsl

kenapa harus menggunakan Excel karena ia akan membatu anda dengan formula nya yang otomatis dalam perhitungan, sehingga anda tidak kesulitan dalam menghitung jumlah atau nominal yang besar.

Setelah itu anda silahkan buka sheet 1 buatlah tabel nomor, uraian pekerjaan, dan seterusnya sesuai dengan keadaan di lapangan, setelah itu anda bisa langsung membuat uraian pekerjaan yang dilaksanakan dalam proses pembangunan rumah dan harus lengkap.

Setelah anda membuat uraian berdasarkan Bestek kemudian save dan rename menjadi sheet RAB,  agar lebih informatif dan anda tidak kesulitan dalam mencarinya, Contoh Rab seperti dibawah ini:

3. Hitung semua volume item dalam uraian pekerjaan

Dalam menghitung hal ini terdapat 2 cara yang bisa anda gunakan yakni:

  • Dengan cara Manual, maksudnya nada memsukkan data dari hasil perhitungan ke dalam tabel volume secara madiri.
  • Dengan cara langsung otomatis menghitung volume yang dibutuhkan dengan menggunakan formula yang ada di excel. Misalnya pada masing-masing range atau pada kolom volume.

Jika anda bingung makan perhatikancontoh Rab Rumah Excel Download gambar dibawah ini:

4. Harga Satuan Bahan dan Upah dengan Cara :

  • Buka sheet 2 kemudian anda rename menjadi Harga Bahan dan Upah.
  • Kemudian anda bisa isi dengan list harga bahan dan upah yang sudah anda analisis sesuai dengan yang akan anda buat nantinya.

Berikut contohnya :

5. Buatlah Perhitungan Analisa Harga Satuan Bahan Dan Upah

  • Bukalah sheet3, lalu rename menjadi analisa bahan dan upah
  • Buatlah analisa bahan dan upah pada sheet ini anda bisa membuat versi anda sendiri jika tidak ingin mengcopy paste.
  • Jangan lupa untuk menginput harga satuan bahan juga upah, dari sheet harga bahan dan upah jika bingung anda bisa kembali melihat pada gambar dinomor 3 dengan cara dilink-an.
  • Haruslah anda memiliki catatan pribadi, karena tidak semuanya sesuai dengan yang direncanakan pada tabel bisa jadi harga dilapangan naik maupun turun jadi anda diharuskan memiliki catatan untuk meriview kembali harga maupun upah.

Dibawah ini merupakan contoh tabel dari analisa harga bahan dan upah mungkin bisa menjadi refrensi untuk anda:


6. Setelah itu anda bisa menginput data dari harga analisa harga satuan bahan dan upah ke sheet RAB, dapat anda ambil dari gambar 4 dan 2 sebagai refrensi anda.

Caranya dengan menglink-an data pada sheet anda ke sheet RAB, sebagai refrensi  hasil RAB anda dapat melihat contoh dibawah ini :


7. Setelah mendapatkan tabel diatas anda bisa melakukan perhitungan guna mendapatkan jumlah harga (Rp),  dengan cara mengalihkan data pada kolom volume dengan data pada kolom harga.

Maka anda akan mendapatkan hasil seperti gambar dibawah ini :

Setelah mendapatkan data seperti tabel diatas barulah anda dapat melakukan Rekapitulasi total dari RAB atau Rencana Anggaran Biaya dengan cara sebagai berikut:

  • Buka sheet 4 atau sheet baru kemudian rename menjadi Rekapitulasi RAB
  • Pada sheet Rekapitulasi anda bisa membuat judul uraian yang anda miliki saja, kemudian input data ke sheet Rekapitulasi RAB dengan cara di link-an juga.

Maka anda akan mendapatkan hasil seperti gambar dibawah ini:

Setelah langkah dan tabel terakhir ini anda buat maka anda dapat dikatakan telah membuat RAB dengan kata lain selesai.

Dan selamat mencoba untuk anda yang baru belajar pastikan didampingi orang yang berpengalaman maupun yang memahami seputaran RAB ya.

Baca Juga : Cara Komplain Ke Customer Service JNE Pusat atau Cabang

Related Post to Cara Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah atau Gedung