Cara Komplain Ke Customer Service JNE Pusat atau Cabang

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara komplain ke pihak JNE (mendatangi ke kantor cabang). Jika terjadi kasus yang tidak diinginkan misalkan saja anda order  barang sudah lama namun belum kunjung datang.

Dan beberapa kasus yang sering terjadi biasanya karena lokasi penerima tidak jelas dan membuatnya dibawa kembali ke gudang JNE.

Jadi sebenarnya pihak JNE sudah mencoba mencari alamat tapi tidak ketemu itu sering terjadi dan nomor tertera dihubungi juga tidak merespon itu bisa saja terjadi.

Bisa saja sebenarnya masalah dan kecerobohan dilakukan oleh anda selaku pengirim ataupun pihak JNE yang kurang teliti tapi semua itu tentunya masih dapat diatasi.

Dan kali ini kita akan membahas akan hal itu.

Untuk komplain ke pihak JNE sendiri sebenarnya ada 3 cara yang dapat ada gunakan, yakni :

  • Lewat email [email protected]<.>co<.>id.
  • Bisa juga lewat telepone (021) 2927 88888 tapi jika memilih melalui ini berbayar 1500/menitnya, atau bisa juga fax (62-21) 567 1413
  • Dan anda juga bisa langsung ke Custemer Service JNE.

Langkah ini dapat anda tempuh bila anda sudah coba untuk mengklomplain via email namun tidak kunjung dapat respon maupun balasan, dan anda sudah mencoba menelpon Call Center JNE tetapi sulit tersambung dan juga menhabiskan banyak pulsa maka langkah terakhir yang dapat anda tempuh yakni dengan cara mengunjungi kantor cabang terdekat di daerah anda.

Tapi ingat jika datang jangan membawa emosi usahakan anda dalam keadaan tenang dan yang perlu anda tanamkan dalam fikiran anda adalah barang anda akan kembali dan tetap tenang.

Ingat emosi tidak akan menyelesaikan masalah yang ada malah menambah masalah. Saling percaya di kedua belah pihak dan jalankan sesuai prosedur dan tunggu hasilnya, jangan terbawa suasana yang  tidak seharusnya terjadi.

Maka langkah yang harus anda lakukan.

Cari Tahu Alamat JNE Pusat ataupun Cabang Di Kota Anda

Setelah anda sampai ke kantor cabang didaerah anda pastinya  kantor cabang terdekat dan mudah dijangkau dan dengan alamat yang jelas.

Anda bisa mencari tahu melalui google maupun bertanya ke tetangga yang tahu.

Sesudah sampai di kantor baik itu cabang maupun pusat langsung saja anda.

Ruang Tunggu Customer Service JNE

Anda akan langsung di sambut oleh bapak Satpam yang ramah dan akan menanyakan keinginan anda mengapa datang ke kantor tersebut kemudian anda akan diminta untuk mengambil nomor antrian terebih dahulu.

Jika anda sudah mendaptkan nomor antrian maka anda tunggu sebentar dan anda juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada sembari menunffu.

Ruang tunggu JNE tergolong nyaman dan ber-AC dan juga disana terdapat ruangan tertutup dengan kaca transparan kalau tidak salah ada 3 ruangan.

Dan tempat duduk untuk customer sangat nyaman dan empuk.

Yang paling spesial adalah disediakannya air putih dan juga kopi khusus pelanggan JNE sendiri yang datang ke kantor tersebut.

Sembari menunggu dapat ngopi dulu hingga masuk giliran anda dipanggil.

Anda dapat mengambil kopi dan minum sendiri, tapi untuk fasilitas yang satu ini hanya tempat atau kantor caban JNE tertentu saja, di kantor cabang umumnya hanya disediakan air mineral dalam bentuk cup atau gelasan.

Customer Care JNE

Setelah melewati antrian dan mendapatkan giliran. Anda akan mendapat sambutan yang cukup ramah dari  CS JNE, CS kata lain dari customer service.

Dan biasanya untuk menemui cs anda akan memasuki ruangan yang bersekat kaca transparan yang tadi sudah dijelaskan sebelumnya.

Dan dia akan memberikan beberapa pertanyaan untuk anda diantaranya :

  • Memberi pertanyaan seputar masalah yang anda keluhkan
  • Menanyakan Nomor Resi, guna mengecek lokasi barang saat ini.
  • Isi paket yang telah anda kirim ataupun yang akan anda terima.
  • Ciri-ciri paket anda.

Dengan pertanyaan yang diajukannya dan disamping itu biasa ia akan mengajak anda mengobrol agar terlihat senyaman mungkin, dan biasanya cs akan sangat friendly jadi anda tidak akan bosan dibuatnya.

Hal yang akan dilakukan si CS dengan laporan barang yang belum sampai biasanya ia akan membuat laporan melalui aplikasi internal JNE, JNE Call Management System. Dengan sistem tersebut ia akan memberi penjelasan kepada anda mengenai pertanyaan yang dia ajukan ke anda.

Untuk membentuk laporan itu sendiri anda tidak dapat mengetahui bentuk format dan tatanya yang jelas didalam laporan itu si CS mengutip keluhan dan masalah yang anda komplain yang ia ajukan ke anda tadi.

Tetapi yang pasti setelah membuat laporan tersebut sebenarnya guna memberikan keterangan untuk petugas atau pihak gudang supaya lekas ketemu alias ditemukan.

Dibawah ini sekelibat gambaran laporan yang dibuat oleh Customer Service.

Tapi ingat tidak semua CS akan mengizinkan anda memfoto atau mengambil gambar dibawah ini karena baginya ini merupakan suatu privasi dari perusahaan.

Kalau CS sudah membuat laporan, ya selesai. Tetapi ingat CS hanya dapat membuat laporan perihal keluhan dan masalah anda.

Biasanya cs akan mengatakan anda mohon bersabar dan akan segera dihubungi perihal masalah yang terjadi kepada anda. Dan juga biasanya ia akan meminta anda untuk meninggalkan kontak yang dapat dihubungi juga alamat guna memastikan semuanya.

Perihal barang langsung dikirim atau belumnya CS kurang faham karenan untuk hal itu akan dilakukan oleh bagian yang memang seharusnya alias memang bidang tersebut.

Dengan kata lain customer service hanya memerima lapran dan keluhan pelanggan tapi ia juga yang akan menghubungi pelanggan seandainya ada susatu yang penting.

Setelah anda mencoba untuk menyampaikan keluhan tunggu beberapa hari dan mohon tingkatkan kesabaran anda juga redam emosi yang sudah anda tumpuk perihal barang yang tak kunjung sampai

Coba anda cek kembali resi yang anda punya, ada kemajuan atau belum. Pastika resi tersebut tetap anda simpan atau ada ss bila anda menggunakan android hal itu mencegah sesuatu yang kemungkinan tidak anda inginkan dikemudian hari.

Karena resi tersebut merupakan bukti yang konkret bagi anda untuk meminta petangung jawaban dan pihak yang bersangkutan.

Setelah dicek tetapi  belum juga ada kemajuan anda bisa coba mengemail lagi Pihak JNE.

Tapi kalau belum juga ada respon cobalah lagi untuk menelpon CS dengan nomor yang sudah di terangkan diatas tadi, atau mengirim fax juga boleh anda coba.

Dan lagi-lagi belum ada respon yang seharusnya anda bisa langsung datangi lagi ke kantor JNE. Tapi cobalah langsung ke  JNE pusat jangan di kantor cabangnya lagi.

Sampaikan juga bahwa anda sudah pernah memberi komplain yang sama pada tanggal berapa dan pada bulan berapa juga dimana kantor cabang yang tempat anda melakukan komplain.

Related Post to Cara Komplain Ke Customer Service JNE Pusat atau Cabang