Cara Burning File ke dalam CD Tanpa Software

Mungkin pada sekitar tahun 90an dan masuk tahun 2000an penyimpanan data atau file pada komputer menggunakan floppy disk atau sering disebut dengan nama disket. Floppy disk atau disket merupakan sebuah benda yang berfungsi untuk penyimpanan suatu data ataupun file pada komputer.

Seiring waktu berjalan banyak benda-benda baru yang bermunculan dengan fungsi yang sama seperti CD-R, CD-RW, Flash Disk, dan Zip Drive. Benda-benda baru tersebut lebih maju dan berkualitas lebih baik dari pada floppy disk.

Pada tahun 2000an Compact Disk yang terkenal dengan singkatannya yaitu CD. CD adalah salah satu benda yang berfungsi untuk menyimpan data atau file pada suatu komputer. Dan pada saat itu pula CD sangat populer di masanya.

Disamping itu ada satu benda lagi yang merupai wujudnya yaitu DVD. Kedua benda tersebut lama laun semakin memudar seperti layaknya floppy disk atau disket. Hal tersebut disebabkan karena perkembangan teknologi zaman sekarang dan semakin maju pula.

Benda-benda tersebut telah terganti dengan berbagai macam benda penyimpanan data yang baru seperti flask disk dan hard disk yang memiliki kapasitas yang lebih tinggi.

Akan tetapi dengan kehadiran benda-benda tersebut telah tergantikan, maka sepenuhnya CD maupun DVD benar-benar hilang dan tidak ada yang memakainya lagi.

Baca Juga : 6 Cara Membuka Situs Yang Diblokir Internet Positif

Dan tidak sedikit pula orang-orang masih menggunakannya karena dengan sebuah alasan harganya jauh lebih murah serta kapasitas yang cukup tinggi dari benda-benda lainnya dan juga bila CD dan DVD terawat dengan baik maka mereka dapat menyimpan data dengan umur lebih panjang.

Sitem kerja dari CD maupun DVD sangatlah berbeda dengan benda lainnya yang gampang , mudah dan cepat untuk melakukan penyimpanan maupun menghapus sebuah data atau file tertetu. Sedangkan CD maupun DVD harus melakukan dengan istilah burning.

Burning cd adalah suatu metode yang bertujuan untuk melakukan penyimpanan dan penghapusan data/file dari komputer ke CD/DVD.

Cara burning file ke cd bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan software yang dapat dilakukan dengan beberapa situs aplikasi diantaranya ImgBurn, CDBurnerXP, Ashampoo Burn, atau Nero, dan tanpa menggunakan software.

Cara burning cd Nero merupakan salah satu metode yang sangat populer untuk melakukan memburningkan CD karena dengan aplikasi Nero sangat mempermudahkan seseorang untuk menyimpan maupun menghapus sebuah data.

Namun, tidak sedikit orang juga kurang memahami cara burn cd dengan menggunakan software meskipun dengan aplikasi yang cukup mudah seperti Nero, tetapi bagi orang awam sangatlah membingungkan.

Dengan hal tersebut dapat disimpulkan kelemahan dari software burning cd adalah ribet karena banyak sekali yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, ada cara lain untuk mengatasinya dengan cara burning tanpa software.

Baca Juga : Cara Aktivitasi Microsoft Office 2013 dan 2016 Menggunakan KMS Auto Lite

Cara Burning CD/DVD Tanpa Software

Langkah-langkah cara burnig tanpa software diantaranya :

1.Masukkan CD/DVD kosong ke dalam drive komputer.

2. Kemudian, pilih data/file untuk di masukkan ke dalam CD/DVD, klik kanan pilih menu Sent to > DVD RW Drive.

3. Terlihat ada tampilan “Burn a Disc”. Anda bisa melakukan pengeditan nama disc tersebut dalam kolom dialog “Disc tittle”, klik pada “With a CD/DVD selanjutnya klik Next.

4. Data/file tersebut telah tersalin ke dalam CD/DVD writer milik anda, dan dapat terlihat pada gamar berikut ini. Namun apabila tidak dapat terbuka maka amda dapat mencarinya di menu This PC > DVD RW Drive.

5. Data/file telah tersalin di CD/DVD pilih menu Manage (Drive Tools) dan klik pada “Finish burning”.

6. Selanjutnya ada yang muncul di layar “Burn to Disck. Anda dapat mengubah judul pada kolom “Disc title” dan memilih dengan kecepatan yang tinggi pada kolol “Recording speed” dan terakhir klik next.

7. Selanjutnya menunggu peroses burning data/file ke CD dapat terlihat pada layar, selesai anda klik next.

Terlihat pada layar monitor telah selesainya burning CD/DVD yang kosong. Data/file tersebut tidak dapat dihapus sebab hal tersebut permanen. Melalui cara seperti di atas anda dapat melakukannya dimana saja tanpa menggunakan sebuah aplikasi dari software.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Related Post to Cara Burning File ke dalam CD Tanpa Software