Mungkin saat ini peluang bisnis dapat dilakukan tanpa harus memiliki modal yang besar dan membutuhkan sebuah bangunan untuk digunakan sebagai toko.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Facebook

Dan bahkan 80% dari bisnis perdagangan baik dari distributor maupun toko juga melakukan perdagangan secara offline. Sebab peluang untuk memperoleh pemasaran lebih terjangkau.

Untuk itu ada berbagai cara untuk mendapatkan sebuah pemasaran yang sangat cukup mengembangkan sebuah produk yang ingin di kembangkan dan dapat mempromosikan, salah satunya adalah facebook ads.

Facebook ads adalah sebuah media sosial yang memanfaatkan facebook page untuk strategi kebutuhan bisnis.

Sistem kerja fb ads adalah meningkatkan fans yang berguna untuk menambah costumer dan dapat mempromosikan produk-produk yang ingin diperdagangkan dengan kampanye iklan yang cerdas.

Jika anda sudah mengenal facebook ads maka anda pastinya akan memahami tentang penggunaan aplikasi, iklan, event, izin halaman dan batas akun yang bisa diubah.

Baca Juga : 3 Cara Download Video Di Situs Website Streaming Apapun

Dan apabila anda belum mengenal facebook ads, anda dapat belajar facebook ads melalui artikel ini.

Cara membuat facebook ads

Awal dari penggunaan facebook ads, anda harus memahami cara pembayaran untuk memasang iklan dalam facebook. Hal tersebut, dapat anda ketahui dengan membuka akun DigitalMareketer.id.

Tahap awal anda login facebook dan membuka pada menu “pengaturan akun”.

Baca Juga : Cara Mengganti Password WIFI Lewat HP

Anda dapat mengisi semua biodata tentang akun bisnis anda, gunakan nama sederhana untuk mempermudahkan costumer mengenal bisnis yang anda kelola anda.

Pada tahap selanjutnya anda juga dapat mengisi tentang akun anda. Pastikan segala data akun anda tidak ada kesalahan dan benar. Sebab, hal tersebut untuk mengetahui segala informasi serta tagihan pembayaran iklan yang wajib dibayarkan.

Apabila anda pengguna dari kartu kredit, maka anda tidak asing dengan tampilan berikut :

Mari silahkan anda tambahkan kartu kredit anda ke akun Facebook Ads milik anda. jika memang benar-benar anda tertarik dengan Facebook Ads maka disarankan untuk anda agar menambahkan metode pembayaran sekunder.

Hanya untuk berjaga-jaga bila suatu ketika kartu kredit anda mencapai atas limit alias terblokir entah karena alasan apapun itu, dan secara otomatis iklan yang terpasang di Facebook Ads milik anda akan berheti tayang.

Baca Juga : Cara Kompres Ukuran File Foto di HP Android (Gambar, JPEG, PNG)https://samlapidus.org/cara-kompres-ukuran-file-foto-di-hp-android-gambar-jpeg-png/

Jika anda hendak menambah metode pembayaran maka anda dapat menekan alias mengklik “Metode Pembayaran” di menu opsi bagian sebelah kiri atas beriku adalah contohnya.

Kalau anda ingin menentukan kartu kredit sebagai metode pembayaran silahkan anda memasukkan nomor kartu kredit, jenis kartu yang anda pakai, dan juga informasi-informasi yang terkait dengan hal diatas.

Catatan terpenting adalah jika anda sudah terlanjur menambah sumber tagihan maka hal itu tidak dapat dibatalkan dan juga dihapus.

Kapan Anda Akan Ditagih untuk Membayar kembali?

Sebenarnya pembayarannya sendiri dibagi menjadi 2 yakni, Cost Per Click (CPC) dan CPM. dibawah ini sekilas tentang CPC dan juga CPM.

CPC

Cost Per Click alias CPC merupakan iklan yang anda akan kena biaya di setiap kali iklan yang sudah anda pasang si klik oleh customer. yang artinya jika iklan anda sudah di klik oleh pengunjung maka anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya.

CPM

Kalau yang satu ini anda di haruskan membayar iklan di setiap tayangan iklan anda muncul, yang artinya walaupun iklan anda di klik oleh pengunjung maka anda tetap harus membayar.

Ini Caranya Membuat Iklan Facebook yang Kreatif

Anda dapat membuat kapanye iklan yang bermanfaat di kebutuhan bisnis anda yang pertama, ada baiknya anda menentukan dulu tujuan utama dari iklan anda sebelum anda menghabiskan uang banyak untuk membuat Facebook Ads.

Tetapkan Tujuan Anda Terlebih Dahulu

Baiklah jika anda hendak meneapkan tujuan iklan anda maka anda dapat memilih kelola iklan setelah itu pilih buat iklan yang berada di bagian atas kanan dari halaman Facebook anda seperti gambar dibawah ini,

Akan mucul pilihan iklan yang sesuai dengan tujuan anda misalkan seperti ini.

  • Promosi Kiriman
  • Promosi Halaman
  • Setelah itu arahkan orang ke situs web
  • Lalu tingkatkan Konversi pada situs web
  • Maka akan dapat pemasangan aplikasi milik anda
  • Kemudian tingkatkan interaksi dalam aplikasi milik anda
  • Setelah itu tingkatkan kehadiran anda di acara
  • Kemudian ajak orang untuk mengklaim tawaran anda
  • Setelah itu dapat penayangan Video anda.

Dan ada baiknya anda untuk menyertakan URL website yang akan mengarahkan anda ke website anda sendiri, sehingga anda akan mendapatkan lebih banyak like, dan postingan Facebook Page anda sehingga mendapatkan banyak komentar.

Saatnya Menyiapkan  Gambar

Kalau anda sudah menemukan tujuan iklan maka selanjutnya anda dapat merancang iklan sesuai dengan yang anda inginkan, yang paling penting adalah anda mampu menentukan gambar yang menarik dan kemudian akan anda jadikan jargon.

Misalkan seperti gambar dibawah ini, untuk anda meningkatkan promosinya.

Format iklan yang di Newsfeed memiliki kualitas gambar yang besar dan tentunya relevan, maka anda harus memastikan foto anda memiliki resolusi yang cukup.

Disarankan untuk anda upload dengan ukuran 600 x 315 sehingga tata letak proposional.

Untuk menambahkan gambar pada iklan ada tiga cara yakni :

  • Mengambil dan mengupload gambar dari komputer
  • Image Library
  • Kemudian temukan gambar dalam shutterstock database

Menyusun Kalimat untuk Iklan Anda

Yang paling penting dalam iklan adalah rangkaian kata dan tergantung konten dari jenis iklan anda. dan sebelum itu anda harus memahami komponen-komponen berikut ini :

  • Judul dibatasi 25 kata atau karakter selebihnya tidak akan muncul
  • Teks iklan dibatasi hingga 90 karakter
  • Newsfeed link di deskripsi dibatasi dengan 90 karakter

Anda bisa memilih Call To Action dan kemudia menyesuaika jumlah karakter yang dibatasi oleh pihak Facebook, dan sesuai model iklan yang anda tentukan di awal.

Baca Juga : Cara Membuka File ZIP Tanpa Password

Berbagai Penempatan Iklan

Akan ada bebrapa penawaran yang Facebook berikan untuk spot penempatan iklan anda. 3 tempat misalkan, Newsfeed, Mobile, dan kolom sebelah kanan.

Banyak orang mengatakan bahwa Newsfeed lebih strategis hanya pendapat dari beberapa orang saja untuk menentukan apakah model penempatan tersebut baik atau tidaknya.

Jangan lupa penempatan iklan yang dapat mendukung versi mobile, karena sebagian besar kesalahan yang sering terjadi adalah lupa untuk mengarahkan iklan ke versi mobile. Dan selamat mecoba dan semoga berhasil.